Arduino - Kontrol Servo dengan Visual Basic

Arduino - Kontrol Servo dengan Visual Basic

Hari ini saya akan menunjukkan bagaimana Anda dapat mengontrol servo dengan Visual basic. Sebelum proyek ini saya tidak pernah menggunakan Visual basic jadi jika ada yang menemukan kesalahan dalam kode saya, silakan tinggalkan komentar di sini dan bantu saya memperbaikinya.



Saya selalu menggunakan Serial Monitor dari Arduino IDE untuk berkomunikasi dengan Arduino, tetapi hari ini kita akan menggunakan program visual basic yang telah saya buat. Pada dasarnya dalam program VB kita memiliki 4 tombol yang akan berinteraksi dengan Arduino saat kita menekannya.

Alat yang dibutuhkan :

- Arduino

- kabel jumper

- motor servo

Saya akan menunjukkan program dalam Visual Basic yang memungkinkan pengguna memutar servo yang terpasang ke Arduino. Anda perlu membuat 3 koneksi dari servo ke Arduino Anda:

Merah: 3.3V (tergantung pada motor Servo Anda)

Coklat: Ground

Oranye: Pin Digital 9

Upload Kodenya


#include <Servo.h> 
 
Servo myservo;  // create servo object to control a servo 
 
void setup() 
{ 
  myservo.attach(9);  // attaches the servo on pin 9 to the servo object 
  Serial.begin(9600); //begins serial communication
} 
  
void loop() 
{ 
  int pos;
  if (Serial.available()){
    delay(100);
    while(Serial.available()>0){
      pos=Serial.read();     //reads the value sent from Visual Basic  
      if(pos=='0')
        myservo.write(90);   //rotates the servo 90 degrees (Left)
      else if(pos=='1')
        myservo.write(-90);  //rotates the servo 90 degrees (right)
      else if(pos=='2')
        myservo.write(180);  //rotates the servo 180 degrees (Left)
      else if(pos=='3')
        myservo.write(-180); //rotates the servo 180 degrees (right)     
    }
  } 
} 

Klik di sini untuk mengunduh Skrip Visual Basic

CATATAN:

Saat Anda menggunakan Program Visual Basic, monitor Serial di Arduino IDE harus ditutup

Anda harus mencocokkan port com pada Kode Visual Basic Anda ke port com kanan yang Anda gunakan Arduino


Post a Comment

Previous Post Next Post

Contact Form